Selasa, 01 Januari 2008

Mobile X-Ray


Mengawasi arus barang di bandara Soekarno Hatta bukanlah pekerjaan mudah. KPPBC Soekarno Hatta sebagai institusi yang menjalankan pengawasan atas barang-barang impor dan ekspor melalui cargo serta barang yang dibawa oleh penumpang.
Permasalahan menjadi semakin kompleks karena kondisi geografis Indonesia yang masih memungkinkan terjadinya penyelundupan barang melalui berbagai pulau-pulau di perbatasan. Barang-barang selundupan tersebut banyak yang kemudian diterbangkan ke Jakarta -tentu sudah sebagai barang domestik.
Permasalahan ini menjadi tanggung-jawab Bea Cukai untuk memastikan pengawasan atas barang serta mencegah hilangnya hak-hak negara. Untuk membantu kerja petugas Bea Cukai di wilayah domestik bandara SH, saat ini terdapat 1 (satu) unit Mobile XRay yang dapat dipergunakan untuk men-screening barang-barang dari pesawat yang ditarget.

Keberadaan Mobile XRay ini sangat membantu terutama untuk menjangkau lokasi barang yang kebetulan jauh dari posisi mesin XRay yang ada di terminal atau cargo. Meskipun demikian, sangat diharapkan bahwa dimasa mendatang, alat ini dapat ditambah mengingat kapasitas bandara yang demikian besar dan luas, masih sangat terbuka untuk terjadinya penyelundupan barang dengan modus transportasi domestik.

Tidak ada komentar: