Rabu, 01 Oktober 2008

Tangkapan di Hari Fitri

Meskipun dalam suasana libur Idul Fitri 1429 H, petugas Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, tetap waspada dan memberikan pelayanan kepada penumpang udara yang datang maupun pergi.
Dalam rangka pengawasan, petugas Bea Cukai pada hari Senin tanggal 29 September 2008 menegah sejumlah perhiasan berlian yang diselundupkan oleh seorang penumpang dari Hongkong. Penumpang berinisial WCW tersebut tiba di Bandara SH sekitar jam 20.30 wib dengan menumpang pesawat China Airlines CI 679. Dengan teknik profiling yang baik, petugas Bea Cukai mentarget penumpang tersebut untuk diperiksa secara mendalam.
Dari pemeriksaan fisik ditemukan sejumlah perhiasan berlian yang disembunyikan dalam dua kantong, dan diikat di pergelangan kaki. Secara sepintas, penyembunyian tersebut terlihat sempurna karena tersembunyi dibalik celana panjang pelaku. Berkat kejelian petugas, upaya penyelundupan ini berhasil diungkap.
Sampai berita ini diturunkan, nilai barang belum diketahui pasti. Diperkirakan barang-barang tersebut bernilai lebih Rp4 milliar. Dari jumlah tersebut, pelaku mencoba menghindari bea masuk dan pajak senilai lebih Rp2 milliar termasuk sanksi administrasi karena pelaku tidak memberitahukan barang bawaannya dalamPemberitahuan Pabean (Customs Declaration –CD).
Pada malam yang sama juga ditegah sepuluh unit HP Blackberry yang diselundupkan oleh DDK, seorang warga negara Indonesia. Pelaku menggunakan modus serupa yaitu menyembunyikan telepon selular tersebut dalam kantong dan dililitkan di badan untuk mengelabui petugas Bea Cukai.
Di hari pertama lebaran, tanggal 1 Oktober 2008, petugas Bea Cukai bandara SH juga menegah 34 unit telepon selular yang diselundupkan oleh AK, warganegara Indonesia. Pelaku menggunakan modus sederhana yaitu mencampur barang-barang tersebut dengan pakaian dan barang lainnya dalam koper.
Selain melanggar UU Kepabeanan karena tidak memberitahukan barang bawaan tersebut kepada petugas Bea Cukai, pelaku-pelaku dalam kasus di atas diberatkan dengan tidak adanya izin instansi terkait untuk mengimpor barang-barang tersebut, terutama Handphone.
Kepala Kantor Bea Cukai SH, Rahmat Subagio, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh petugas yang tetap melaksanakan tugas dengan baik, meski harus mengorbankan hari libur dan waktu untuk berkumpul bersama keluarga.
See Video Here:


(Segenap pengasuh shcustoms.blogspot.com, turut mengucapkan Selamat Idul Fitri 1429H, Mohon maaf lahir dan batin).

Tidak ada komentar: