Jumat, 01 Agustus 2008

Cellular Phone behind the Underwear

Petugas Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta kembali menegah seorang penumpang asal Taiwan yang mencoba menyelundupkan telepon selular yang disembunyikan dalam celana panjang dan celana dalam berkantong. Pria tersebut, Lin Yong Fu, 38 tahun, berkebangsaan Taiwan, mendarat dari Hongkong tanggal 31 Juli 2008 malam dengan menggunakan pesawat China Airlines CI679.
Analisa profil penumpang yang dilakukan petugas Bea Cukai mentarget Lin Yong Fu. Dari hasil pemeriksaan badan, ditemukan 23 telepon selular yang akan diselundupkan dibalik pakaian Lin Yong Fu.
Kejadian serupa juga terjadi tanggal 25 Juli lalu ketika petugas Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta mendapati 2 orang warganegara China yang mendarat dari Hongkong tanggal 25 Juli 2008 siang. Kedua orang tersebut, Huang Qingfeng (26 thn) dan Li Tailin (28 tahun) mencoba menyelundupkan handphone dengan cara dililitkan di badan, serta disembunyikan di celana dan kaos kaki.
Huang Qinfeng membawa 18 buah handphone sedangkan Li Tailin membawa 40 buah handphone. Li Tailin bisa membawa lebih banyak karena sebagian sembunyikan di kaos kaki sepak bola yang dikenakannya.
Petugas Bea Cukai menangkap ketiganya karena tidak memberitahukan barang bawaannya itu dalam Pemberitahuan Pabean (Customs Declaration), sementara barang yang dibawa termasuk barang yang memerlukan perijinan berupa izin dari instansi terkait.
Petugas Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, semakin meningkatkan pengawasan terhadap lalu lintas penumpang dan barang di terminal maupun kargo Bandara Soekarno Hatta. Hal tersebut dilakukan karena adanya kecenderungan penggunaan berbagai modus untuk menyelundupkan barang yang diawasi peredarannya serta barang-barang terlarang ke Indonesia.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

selamat !!!

I mengatakan...

Lalu dikenakan penahan atau tidak kepada yg bersangkutan? Ada opsi bayar denda?